PARADE BAND DAN LOMBA POSTER : STOP KEKERASAN TERHADAP ANAK

Plan Indonesia program Unit SoE menyelenggarakan Parade Band pelajar  dan lomba poster, yang berlangsung dari tanggal 7-8 November 2008.  Panitia kegiatan ini adalah Dewan Anak Kota SoE, sebuah wadah untuk anak yang terbentuk pada tanggal 15 Februari  2007 berdasarkan SK Bupati No 123/KEP/HK/2007. Pembentukan dewan anak ini lahir dari gagasan bersama Plan SoE dan pemerintah kab TTS dalam hal ini Bagian Pemberdayaan Perempuan.

 ”ini adalah kegiatan ke 4 yang kami tangani dan difasilitasi oleh Plan, kegiatan sebelumnya adalah Expresi Gaya Pelajar, Kampanye bahaya HIV/AIDS kepada pelajar  SMP/SMA dan  Event Anak se wilayah kerja Plan SoE. Kami senang karena kami mendapat kepercayaan dan dukungan sepenuhnya dari berbagai pihak dalam setiap kegiatan kami terutama dari orang tua kami”  kata Marini, 17 tahun Ketua Dewan anak.

Pareda Band  pelajar dan lomba poster ini mempunyai  tema ‘Saatnya Kami Bersuara – Suara anak TTS untuk STOP kekerasan terhadap anak’.  Parade Band ini sendiri di ikuti oleh 9 group band dari Kab TTS dan 4 group band dari  Kab TTU. Syarat peserta  untuk Parade band adalah anak /pelajar dibawah usia 18 tahun dan membawakan 3 buah lagu yaitu membawakan lagu wajib ‘Stop bullying’ yang dipopulerkan oleh group Band Sirius, 1 lagu bebas dan 1 lagu daerah yang diaransemen sendiri.   Sedangkan untuk lomba poster yang dibagi berdasarkan kategori umur 8 – 12 tahun dan 13-18 tahun diikuti oleh 112 orang.

“Ide untuk mengadakan parade band dan Lomba poster ini adalah murni dari dewan anak sendiri, dan kami memberikan dukungan sepenuhnya karena ini adalah pemikiran kritis dari dewan anak  yang melihat masih banyak tindak kekerasan yang dirasakan oleh teman sebaya mereka. Oleh karena itu mereka kemudian merancang suatu kampanye anti kekerasan dalam bentuk even yang populer dikalangan remaja dan anak” ujar Roni, CTA yang bertanggung jawab untuk program  Even Anak dan menjadi seksi super sibuk dalam kegiatan ini.

Hari pertama kegiatan, tanggal  7 November 2008, Sekalipun sore itu  hujan turun cukup deras tidak menyurutkan minat anak-anak  yang akan mengikuti lomba poster.  Mereka  saling bercerita seperti apa yang akan digambar nanti. Sambil menunggu acara dimulai anak –anak ini diajak menyanyi sambil bermain oleh panitia. Mereka diajarkan yel yel anak TTS yang diciptakan oleh Dewan Anak.  Semuanya bersemangat meneriakkan “ANAK TTS – BISA , ANAK TTS – LUAR BIASA , ANAK TTS – MERDEKA-YES!”. Pukul 16.00 Pak Mantje (PC Plan SoE) memulai acara dengan kata sambutan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya festival band dan lomba poster ini. Kebetulan, pada hari yang sama, Bapak Ade Cahyadi , dari CO yang sedang berada di SoE  ikut menghadiri dan memberikan kata sambutan. Pak Ade juga sempat mengajak anak-anak bermain ‘Burung terbang’

Sekalipun judul kegiatan ini lomba poster, namun kenyataannya yang mengikuti kegiatan ini lebih banyak dari kalangan anak usia SD,  yaitu sebanyak 97 orang dibandingkan usia remaja hanya diikuti oleh 15 orang. Sehingga panitia memutuskan untuk menggunakan media kertas gambar biasa (A3) . Lomba ini berlangsung sampai jam 18.00 sore

Jam 18.30 Parade Band dimulai dengan penampilan Aurel band yang membawakan lagu wajib ‘Stop bulliying’ dan lagu bebas ‘wonder woman’. Pada hari pertama ini setiap peserta diwajibkan membawakan lagu wajib dan 1 lagu bebas. Sedangkan lagu daerah akan dibawakan pada hari ke 2. Penampilan parade band ini diselingi dengan sosialisasi hak anak  dan quiz kepada penonton mengenai hak anak, yang dapat menjawab dengan benar mendapatkan hadiah dari panitia. Penonton juga mendapat suguhan penampilan dari ‘Cybertron Dancer’ yang kompak dan lincah meliuk liuk diatas panggung. Semakin larut, tempat kegiatan ‘Lapangan PUSPENMAS’ semakin dipadati penonton. Mereka memberikan applaus yang meriah untuk setiap penampilan group band. Kegiatan ini juga mendapat dukungan pengawalan dari POLRES TTS dalam menjaga keamanan. Pukul 22.00 kegiatan hari pertama ini selesai dan akan dilanjutkan esok sore sekaligus pembacaan pemenang dan penutupan kegiatan.      

 Tanggal 8 November 2008, kegiatan hari ke 2 dimulai pukul  18.00 dimulai dengan pengumuman pemenang lomba gambar. Penialian lomba ini dengan melihat gambar yang menarik, rapi dan mempunyai kesesuain dengan tema. Pemenang pertama untuk kategori  ANAK  adalah Galang Khuana, kelas 1 SD  yang menggambar seorang anak yang mengalami kekerasan dirumah yang mendambakan kebebasan dari tindak kekerasan tersebut. Sedangkan pemenang  kategori  REMAJA adalah David Potimau, pelajar SMA kelas 2.     

Setelah penyerahan hadiah, acara dilanjutkan kembali  dengan parade band yang kali ini  membawakan lagu daerah. Lagu daerah harus diarensemen sendiri oleh setiap peserta. Satu persatu peserta menampilkan kebolehan mereka untuk membuktikan kalau mereka juga tidak asing dengan lagu dari daerah mereka sendiri. Setelah melihat semua penampilan peserta sejak hari pertama dan kedua,  hasil penjurian menempatkan ‘One Light Band’ dari Kab TTU sebagai juara I. Disamping menyuguhkan penampilan yang memukau, one light band ternyata mempunyai drumer termuda berusia 13 tahun. Dalam kegiatan ini, panitia membuka line pooling sms untuk menentukan juara favorit yaitu dengan cara penonton mengirimkan  sms nama band favoritnya ke nomer hp panitia, dan yang menjadi favorit penonton adalah ‘Inspiration Band’ dari TTS yang mendapatkan jumlah pengirim sms terbanyak, 449 sms. Jam 23.00, seluruh kegiatan ini ditutup  bersama oleh Plan, LPA dan INKASIH dengan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang menjadikan kegiatan ini sukses dilaksanakan dan dengan harapan apa yang menjadi tema dari kegiatan ini bukan hanya menjadi slogan semata tapi dapat  diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Finally,  kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua staf Plan SoE mulai dari teman-teman cta  sampai janitor dan driver yang begitu mendukung kelancaran kegiatan ini. ANAK TTS – BISA!!!. Roni dan Ina (Penanggung Jawab Program Even Anak Plan Soe)

poster-copy

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: